Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma

Sabtu, 11 Oktober 2014

Kelebihan dan Kekurangan JAVA

KELEBIHAN JAVA


1. Multiplatform : Ini adalah kelebihan utama dari JAVA. adalah dapat digunakan/dijalankan dibeberapa sistem operasi komputer sesuai dengan prinsip tulis sekali, jalankan dimana saja. Dengan kelebihan ini, cukup menulis program Java dan dikompilasi sekali lalu hasilnya dapat dijalankan diatas beberapa platform tanpa mengalami perubahan, Dengan kelebihan ini, memungkinkan program berbasis Java dikerjakan diatas operasi Linux tetapi dijalannkan oleh Microsoft Windows.

2. OOP (Object Oriented Programming) : adalah semua aspek yang terdapat di Java adalah Objek. Java merupakan bahasa pemrograman berbasis objek secara murni. Semua tipe data diturunkan dari kelas dasar yang disebut Object. Hal ini memudahkan untuk mendesain, membuat dan mengembangkan sebuah program berbasis Java.

3. Perpustakaan Kelas yang lengkap : Java terkenal dengan kelengkapan perpustakannya. yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membuat, mendesain atau mengembangkan program aplikasinya. Java terus menerus membuat perpustakaan baru yang lebih lengkap.

4. Bergaya C++ : Memiliki sintaks seperti C++ sehingga menarik pengguna C++ pindah ke Java. Java juga sangat mudah dipahami bagi mereka yang bukan berasal dari jurusan Komputer .

5. Pengumpulan Sampah : java memiliki fasilitas pengaturan memori sehingga user tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung.





KEKURANGAN JAVA

1. Tulis sekali, perbaiki dimana saja : Masih banyak hal yang tidak sesuai antara platform satu dengan yang lainnya. Contohnya, SWT-AWT bridge yang sampai sekarang tidak berfungsi pada Mac OS X.

2. Mudah didekompilasi : Dekompilasi adalah proses membalikan dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini bisa terjadi karena kode jadi Java adalah bytecode yang menyimpan banyak menggunakan bahasa tingkat tinggi. Seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data

3. Penggunaan Memori yang banyak : Penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada program bahasa tingkat tinggi lainnya / sebelumnya contohnya C/C++ dan pascal





Sumber: http://jenigroup.blogspot.com/2009/01/kekurangan-dan-kelebihan-java.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar