Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma

Senin, 04 Januari 2016

Perbedaan Antara Router dan Bridge



Router


Menurut pengertian dasar, router merupakan sebuah alat yang berfungsi mengantarkan paket data atau konten via jenis jaringan tertentu menuju lokasi yang ditetapkan, proses ini dikenal dengan istilah routing. Biasanya, ini sering terjadi pada lapisan tiga model OSI.

Perbedaan Router dan Bridge terpampang jelas dari fungsi dasar. Alat ini akan menghubungkan dua jaringan atau lebih sehingga proses pengiriman data atau konten ke jaringan lain bisa tiba hingga tujuan akhir. Router tentu berbeda 180 derajat dari alat sejenis seperti Switch atau Bridge.

Dalam perkembangan ilmu jaringan komputer, Router sering dipakai dalam penyusunan jaringan teknologi protokol TCP/IP, penghubung jaringan kecil ke jaringan besar atau sebaliknya (internetwork), penghubung dua jaringan dalam media yang tak sama dan penghubung jaringan LAN ke media telekomunikasi.







Bridge



Langkah pertama mencari tahu perbedaan router dan bridge adalah melihat pengertian dasarnya. Bridge merupakan alat yang berfungsi memperluas atau membagi jaringan ke dalam segmen tertentu dalam lapisan dua model OSI. Intinya, alat ini akan menyatukan dua jenis media dalam jaringan yang berbeda.

Bridge digunakan untuk memperluas jarak dari jaringan-jaringan yang ada disekitar. Agar jalur lintas data tidak mengalami kepadatan, maka perlu penambahan beberapa jumlah jaringan dan penambahan koneksi menuju jaringan yang berbeda. Bridge akan membantu pemindahan data via jaringan perantara atau pengalihan via protokol lain dan tentunya berbeda.






Kesimpulan Perbedaan Antara Jaringan Router Dan Bridge

Bila ingin mengetahui letak perbedaan antara router dan bridge, maka wajib melihat cara kerja kedua alat tersebut. Sekilas, Bridge dan Router punya cara kerja yang hampir sama, yaitu meneruskan data dan membagi jaringan ke dalam beberapa segmen tertentu. Namun, Router akan berjalan di lapisan tiga model OSI sedangkan Bridge akan berjalan di lapisan dua model OSI.


Sumber : http://apaperbedaan.blogspot.co.id/2014/04/perbedaan-antara-jaringan-router-dan.html


 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar