Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma

Selasa, 07 Februari 2017

Review Raspberry Pi 3




Assalamu'alaikum Wr.Wb, kali ini saya akan mereview Raspberry Pi versi terbaru yaitu versi 3. Saya tidak akan menjelaskan apa itu Raspberry Pi karena sudah banyak penjelasan mengenai itu di Internet ^^

Pada bulan Februari 2016 lalu, Raspberry Pi 3 sudah dapat dibeli di Indonesia, saya langsung membeli Raspberry Pi 3 tersebut dengan harga 600 ribu rupiah. Banyak keunggulan Raspberry Pi 3 ini dibandingkan dengan terdahulunya yaitu Raspberry Pi 1 dan 2. Contohnya pada Raspberry Pi 3 ini sudah dilengkapi Wifi 802.11n dan Bluetooth Versi 4.1. Sehingga tidak perlu lagi kita menambahkan slot RJ45 agar terhubung ke internet.

Tidak hanya itu lhoo, dari segi prosesor, Raspberry Pi 3 diklaim lebih cepat. Raspberry Pi 3 menggunakan prosesor ARM Cortex-A53 dari Broadcom, dengan spesifikasi 64-bit Quad-Core dan berkecepatan 1,2 Ghz. Ini merupakan peningkatan dari prosesor 32-bit 900Mhz di versi sebelumnya.

Sedangkan untuk kapasitas RAM tidak mengalami perubahan, masih tetap menggunakan RAM 1 GB. Dengan kemampuan prosesor dan kapasitas RAM yang memadai, Raspberry Pi 3 mengalami peningkatan performa sebesar 50 persen dibandingkan versi sebelumnya.


Dari segi desain dan struktur slot, Raspberry Pi 3 tidak mengalami banyak perubahan. Begitu juga dengan dukungan input dan output, Raspberry Pi 3 masih dilengkapi dengan 4 slot USB, sebuah slot RJ45, dan dukungan GPIO 40 pin.

Segitu saja review dari saya mengenai Raspberry Pi 3. Yang pasti anda tidak akan menyesal jika membelinya. Wassalamu'alaikum Wr.Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar